sultanslot888

pengeluaran angka jepang

2023年11月3日

Pengeluaran Angka Jepang: Memahami Lebih Lanjut Tentang Sistem Angka Jepang yang Unik

Pendahuluan

Sistem angka Jepang adalah salah satu dari berbagai sistem angka yang terdapat di dunia. Uniknya, sistem ini menggabungkan huruf dan angka dari beberapa sistem lainnya, seperti angka Arab dan Tionghoa, serta pengaruh sejarah dan budaya Jepang yang kaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sistem pengeluaran angka Jepang yang belum tentu dikenal oleh banyak orang.

Angka Jepang, Sistem yang Unik

1. Angka Dasar

Sistem angka Jepang menggunakan karakter kanji Jepang untuk melambangkan angka dari 1 hingga 10. Berikut adalah karakter kanji untuk setiap angka:
– 一 (いち) untuk 1
– 二 (に) untuk 2
– 三 (さん) untuk 3
– 四 (し / よん) untuk 4
– 五 (ご) untuk 5
– 六 (ろく) untuk 6
– 七 (しち / なな) untuk 7
– 八 (はち) untuk 8
– 九 (きゅう / く) untuk 9
– 十 (じゅう) untuk 10

2. Sistem Pengeluaran Angka Dasar

Dalam bahasa Jepang, untuk mengatakan angka 11 dan seterusnya, Anda harus menggabungkan karakter kanji untuk 10 dengan karakter kanji untuk angka satuan (1-9). Misalnya, angka 11 dalam bahasa Jepang adalah “juu ichi” yang berarti 10+1. Berikut adalah pengeluaran angka dasar dari 1 hingga 99:

11: juu ichi
12: juu ni
13: juu san
14: juu shi / juu yon
15: juu go
16: juu roku
17: juu shichi / juu nana
18: juu hachi
19: juu kyuu / juu ku

20: ni juu
21: ni juu ichi
22: ni juu ni

Dan seterusnya.

3. Angka Besar dan Penggunaannya

Sistem angka Jepang juga menggunakan karakter kanji untuk melambangkan angka besar. Berikut adalah karakter kanji untuk beberapa angka besar:
– 百 (ひゃく) untuk 100
– 千 (せん) untuk 1,000
– 万 (まん) untuk 10,000
– 億 (おく) untuk 100,000,000
– 兆 (ちょう) untuk 1,000,000,000,000

Dalam praktiknya, untuk menyusun angka dalam bentuk angka besar, Anda menggabungkan karakter kanji angka ini dengan karakter kanji angka dasar. Misalnya, angka 100 dalam bahasa Jepang adalah “hyaku”, sedangkan angka 1,000 adalah “sen”. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan karakter kanji dapat bervariasi tergantung pada konteks, seperti dalam penulisan tanggal atau mata uang.

4. Tanggal dalam Sistem Angka Jepang

Dalam sistem angka Jepang, tanggal ditulis menggunakan karakter kanji untuk angka dan juga sebuah kata yang menyatakan “hari” atau “bulan”. Sebagai contoh, 3月 (san-gatsu) berarti “Maret” dan 1日 (tsuitachi) berarti “tanggal 1”.

Pengunaan angka dasar dan angka khusus seperti juu (10) dan nijuu (20) juga dibutuhkan untuk menunjukkan tanggal. Misalnya, 22日 (nijuuni-nichi) berarti “tanggal 22”.

5. Menghitung dalam Bahasa Jepang

Saat menghitung jumlah atau menyebut nomor urutan, penggunaan karakter kanji berbeda dengan kata-kata yang digunakan dalam situasi sehari-hari. Sebagai contoh, untuk menghitung dari 1 hingga 10 dalam bahasa Jepang, Anda menggunakan karakter kanji seperti berikut:
– 初めて (hajimete) untuk 1 (pertama)
– 二つ目 (futatsume) untuk 2 (kedua)
– 三つ目 (mittsume) untuk 3 (ketiga)
– 四つ目 (yottsume) untuk 4 (keempat)
– 五つ目 (itsutsume) untuk 5 (kelima)
– 六つ目 (mutsumeye) untuk 6 (keenam)
– 七つ目 (nanatsuyome) untuk 7 (ketujuh)
– 八つ目 (yattsutsume) untuk 8 (kedelapan)
– 九つ目 (kokonotsuyome) untuk 9 (kesembilan)
– 十 (juu) untuk 10 (kesepuluh)

Kesimpulan

Sistem angka Jepang adalah sistem unik yang menggabungkan karakter kanji dengan pengaruh sejarah dan budaya Jepang. Memahami sistem ini penting dalam pemahaman bahasa Jepang secara keseluruhan, baik dalam penggunaan angka maupun dalam situasi harian seperti tanggal dan penghitungan. Dengan mempelajari sistem pengeluaran angka Jepang, kita dapat lebih dekat dengan budaya Jepang yang kaya dan menarik.